kampunghilir

Just another WordPress.com site

Sunat Perempuan

Sunat atau sirkumsisi (istilah dalam dunia medis) adalah suatu tindakan yang umum dilakukan oleh tenaga medis Indonesia. prosedur sirkumsisi biasanya dilakukan sebagai suatu tindakan saat anak lelaki menjelang umur pubersitas. Meski sunat umumnya dilakukan pada anak laki laki tetapi pada beberapa di daerah Indonesia seperti Madura, Jawa, Sumatera termasuk Aceh dan daerah lainnya, sunat juga dilakukan pada anak perempuan. Secara International sunat perempuan lebih dikenal dengan istilah Female Genital cutting/ Genital mutilation. Menurut arti kata :genital cutting adalah pemotongan dari alat kelamin sedangkan genital mutilation lebih diidentikkan dengan perusakan alat kelamin.

Cukup banyak masyarakat meyakini bahwa sirkumsisi pada wanita bisa menurunkan hasrat dan menjauhkannya dari perzinaan. Namun, pada kasus nyatanya, tidak ada hal tersebut yang terbukti benar, karena pada dasarnya hal tersebut diatas hanya merupakan karangan semata. Berdasarkan hasil pengamatan tersebut, hampir semua dokter menyatakan bahwa wanita tidak boleh melakukan sirkumsisi apapun alasannya. Di beberapa kelompok masyarakat, sunat perempuan dilakukan dengan cara mengiris atau menggunting klitoris (kelentit) anak perempuan yang disunat, sehingga menimbulkan cacat permanen dan mungkin juga trauma psikologis yang akan terpendam sampai dewasa. Para tokoh agama seharusnya lebih paham bahwa sunat perempuan tidak disyaratkan dalam Quran dan juga dalam hadits.

Namun, praktek sirkumsisi pada wanita telah ada pada Islam seperti yang diterangkan pada hadith Rasulullah SAW seperti yang telah dijelaskan di hadith berikut ini

Maka Rasulullah SAW bersabda kepada ahli khitan wanita (Ummu A’Thiyyah), yang artinya: “Janganlah kau potong habis, karena (tidak dipotong habis) itu lebih menguntungkan bagi perempuan dan lebih disenangi suami.” (HR: Abu Dawud).

Sehingga berpulang ke pribadi masing masing kita memahami dan mencermati mengenai apakah perempuan di sunat atau tidak

July 30, 2011 - Posted by | Kesehatan, Sunat Perempuan

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: