kampunghilir

Just another WordPress.com site

Bahaya Merokok Ancam Generasi Muda

Remaja adalah kelompok yang rentan kebiasaan merokok dan batas usia mulai merokok pun cendrung semakin bertambah muda. Rokok di kalangan remaja menjadi suatu ukur pergaulan. Selain kesehatan, rokok juga berdampak kurang baik bagi perkembangan psikologis remaja. Rokok identik dengan pergaulan remaja yang lebih rentan terhadap kenakalan daripada pergaulan remaja tanpa rokok. Biasanya remaja yang merokok dianggap macho, keren, gaul, kompak, kreatif sehingga mereka yang tidak merokok dianggap banci atau apalah.Pergaulan remaja dengan rokok cenderung memberi remaja pemikiran bahwa rokok bisa menjadi pelarian akan tiap masalah. Remaja kemudian akan merokok ketika mendapat masalah dalam hidupnya. Di dalam rokok memang mengandung zat yang bisa membuat perokok merasa lebih baik namun tentunya hal ini juga menyebabkan kecanduan. Kecanduan akan rokok terbilang sulit untuk diatasi.

Mengutip pernyataan Ketua Komisi Perlindungan Anak, Seto Mulyadi, yang dimuat di harian Kompas, mengungkapkan 70% anak-anak dan remaja terpengaruh oleh iklan rokok. Terpengaruhnya remaja atas iklan rokok memicu mereka mulai mengkomsumsi rokok. Padahal selain berdampak buruk pada kesehatan, merokok juga dapat menurunkan intelektualitas anak. Jangankan merokok, terkena asap rokok saja sudah menurunkan intelektual anak.

Ironisnya merokok tidak mengenal miskin atau kaya, karena harga rokok di Indonesia juga sangat murah, yaitu terendah setelah Kamboja. Apakah dengan menaikkan harga rokok, bakalan remaja tidak merokok lagi? Mungkin iya atau tidak

Oleh sebab itu, perkenalkanlah sejak dini mengenai bahaya rokok bagi remaja Anda. Hal ini setidaknya membuat remaja berpikir dua kali untuk menjadi kecanduan. Berikan nasihat untuk menghindari pergaulan dengan remaja perokok lainnya. Rokok memang membuat diri menjadi lebih enak untuk sementara namun dapat berdampak fatal nantinya.

July 27, 2011 - Posted by | Bahaya Merokok dan Generasi Muda, Kesehatan

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: