kampunghilir

Just another WordPress.com site

Menstruasi

Menstruasi adalah bagian dari siklus haid. Pada fase pertama siklus ini, dinding rahim (atau endomentrium) mengalami perkembangan sel yang pesat yang memungkinkan terjadinya kehamilan. Kemudian, dengan siklus tertentu sebuah sel telur (ovum) dilepaskan dari ovarium (indung telur). Jika, ketika dalam perjalanannya melalui tuba fallopi tidak dibuahi oleh sel sperma, maka jaringan ini, karena tidak berguna lagi, akan dilepaskan dan terjadilah pendarahan. Pelepasan ini disebut Menstruasi, yang terjadi kira-kira setiap 28 hari. Proses ini terjadi setiap bulan sampai terjadinya proses kehamilan atau pada saat berakhirnya proses ovulasi pada masa menopause.

Belakangan ini, seorang gadis bisa mengalami proses menstruasi lebih awal pada usia 9-10 tahun, tetapi normalnya terjadi pada usia 12 tahun. Remaja perempuan perlu memperhatikan masalah kebersihan selama periode ini yang lamanya 4-7 hari perbulan, dengan sering mengganti pembalut, sekurang-kurangnya 3 kali sehari.

Selama haid, juga sebelum dan sesudahnya, pada beberapa gadis muncul perasaan tidak stabil dari segi emosionalnya, dan juga perasaan tidak nyaman atau sakit di bagian bawah pusar. Selama waktu ini, mereka bisa mudah letih. Tanda-tanda tersebut sangat biasa di jumpai diantara para perempuan dan hal itu adalah normal

July 25, 2011 - Posted by | Kesehatan, Menstruasi

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: